PERSIAPAN PAT (Penilaian Akhir Tahun)


Memasuki jadwal PAT, apa saja sih yang harus disiapkan oleh peserta didik dalam menghadapi Penilaian Akhir Tahun?

Yang Pertama tentulah Belajar

Belajar menghadapi ujian PAT tidak hanya dilakukan satu hari sebelum ujian, tetapi harus disiapkan sejak jauh-jauh hari, belajar setiap hari sedikit demi sedikit dan diulang akan lebih efektif dari pada belajar dengan sistem kebut semalam menjelang ujian.

Yang Kedua adalah Persiapan Fisik

Menjaga kesehatan fisik merupakan hal yang penting, terlebih dalam menghadapi PAT, makan pagi sebelum ujian juga sangat membantu, hal ini karena saat menghadapi ujian kerja fisik dan otak kita akan bekerja lebih keras, sehingga kesehatan fisik penting sebagai penunjang kerja otak agar dapat bekerja secara optimal sehingga kita dapat mengerjakan PAT dengan baik sesuai dengan apa yang telah dipelajari

Yang Ketiga adalah Persiapan Mental

Persiapan mental menjadi hal yang tidak kalah penting dari belajar dan kesehatan fisik, hal ini karena saat menghadapi ujian, pasti akan muncul rasa cemas, takut, gugup dan lain sebagainya. nah apabila perasaan cemas, takut dan gugup ini terus muncul saat kita mengerjakan soal-soal PAT tentulah akan menganggu konsentrasi dan mengurangi optimalisasi saat mengerjakan ujian.

Yang Keempat adalah do’a Orang Tua

Jangan lupa untuk berpamitan dan minta do’a dari orang tua kita sebelum ujian, hal ini penting karena ridho orang tua adalah ridho Allah SWT.

Yang Terakhir adalah Perlengkapan

Siapkan perlengkapan ujian seperti pulpen, pensil, penggaris, penghapus, kartu ujian dll sehari sebelum ujian dimulai, sehingga saat jadwal PAT tiba kita tidak akan kebingungan mencari/menyiapkan perlengkapan sehingga waktu kita akan lebih efektif digunakan untuk belajar.

Nah itu tadi beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum menghadapi PAT, jika kamu punya hal lain yang harus disiapkan silahkan tinggalkan pesan/komentar ya…

,

Leave a Reply

Your email address will not be published.