Tekanan Teman Sebaya


Terkadang, teman-teman kamu  mengajakmu untuk melakukan  tindakan yang kurang nyaman  kamu lakukan. Contohnya mencuri, merokok,  obat-obatan, minum minuman  beralkohol atau merusak  fasilitas umum.

Kalimat-kalimat  yang mungkin akan  kamu dengar ketika  mereka  mengajakmu  melakukan sesuatu :

“Yaelah.. cuma sebatang kok, cobain deh”

“Ga asik banget kamu”

“Gitu aja takut, cupu banget kamu”

Tindakan yang mungkin kita lakukan adalah :

  1. Menuruti ajakan tersebut. Usia remaja biasanya selalu ingin diterima oleh lingkungan terutama teman sebaya kita, apalagi remaja belum benar-benar mampu berfikir panjang, sering kali terbersit “ah, g papa sekali-kali, yang lain juga melakukan”.

2. Menolak ajakan yang tidak baik. Dalam menolak ajakan teman tentulah bukan hal yang mudah, mungkin akan ada beberapa konsekwensi yang kita dapatkan seperti mendapat celaan atau cemoohan dari teman, dianggap tidak GAUL dan tidak KEREN, serta beberapa hal lain.

Untuk dapat menguatkan diri menolak ajakan teman tersebut ada beberapa hal yang dapat kita lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Dengarkan dirimu. Apakah kamu benar-benar  ingin melakukannya? Atau tidak? Dengan  jujur mendengarkan dirimu sendiri, kamu  akan terbiasa berpikir lebih jernih bila situasi  ini berulang di masa depan
  2. Berlatihlah untuk bilang “tidak”. Awalnya pasti  terasa sangat sulit. Tapi kamu akan terbiasa  dan lebih pede untuk bilang “tidak” di masa  depan.
  3. Rencanakan tindakan yang akan kamu lakukan sebelum situasi menjadi tidak menyenangkan. Misalnya, minta dijemput orang tua setelah latihan futsal selesai sebelum teman-teman mengajak ‘nongkrong’ dan merokok.

MEMANG TIDAK MUDAH BILANG TIDAK TETAPI JAWABANMU HARI INI MENENTUKAN MASA DEPANMU

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.