Aku Ingin …. (Kata Anak yang Tak Terucap)


Assalamu’alaikum W.W.

Anak merupakan titipan Allah yang harus selalu dijaga. Anak merupakan tanggung jawab bagi orang tuanya (guru di sekolah). beberapa tanggungjawab tersebut diantaranya adalah memberikan PENDIDIKAN, tidak hanya pendidikan formal, tetapi juga pendidikan Informal dan Nonformal. Terkadang dalam mendidik anak tidak selalu berjalan sesuai dengan rencana. Tentunya tujuan kita dalam mendidik anak tidak hanya untuk menjadikan anak kita sesuai dengan keinginan dan harapan kita tetapi juga agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal sesuai dengan bakat dan minat anak. Akan tetapi tidak dapat dipungkiri ada banyak hambatan dan kendala yang mungkin saja terjadi dalam mewujudkan tujuan tersebut. Misalnya, hukuman ataupun pujian tidak selamanya akan menjamin seorang anak selalu disiplin dan patuh pada peraturan yang telah ditetapkan. Menurut psikolog Laksmi Andhiyani Setiawan ada 13 Permintaan anak yang mungkin tidak pernah mereka ucapkan dan harus diketahui oleh orang tua. Permintaan itu adalah :

1. Cintailah aku sepenuh hati
2. Aku ingin jadi diri sendiri, maka hargailah aku
3. Cobalah mengerti aku dan cara belajarku
4. Jangan marahi aku di depan orang banyak
5. Jangan bandingkan aku dengan kakak atau adikku atau orang lain
6. Bapak ibu jangan lupa, aku adalah foto copy mu
7. Kian hari umurku kian bertambah, maka jangan selalu anggap aku anak kecil
8. Biarkan aku mencoba, lalu beritahu aku bila salah
9. Jangan membuat aku bingung, maka tegaslah padaku
10. Jangan ungkit-ungkit kesalahanku
11. Aku adalah ladang pahala bagimu
12. Jangan memarahiku dengan mengatakan hal-hal buruk, bukankah apa yang keluar dari mulutmu adalah doa bagiku?
13. Jangan melarangku hanya dengan mengatakan “JANGAN” tapi berilah penjelasan kenapa aku tidak boleh melakukan sesuatu.

Bapak dan Ibu marilah bersama-sama dengan KAMI belajar lebih memahami anak dengan mengerti bahwa ada hal-hal yang terkadang sulit diucapkan oleh anak, untuk itu sesekali memposisikan diri sebagai anak perlu kita lakukan agar kita dapat memahami maksud dan tujuan anak kita.

Wassalamu’alaikum W.W.


Leave a Reply

Your email address will not be published.