Kiat Berteman


Dalam menjalin pertemanan dengan teman, baik di sekolah maupun di lingkungan rumah ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Menjadi pribadi yang ramah. Menjadi Pribadi yang ramah dapat dilakukan dengan cara berbuat baik terhadap teman, bersikap sopan dengan teman dan juga mau menolong teman saat membutuhkan.
  2. Usahakan Selalu memberikan Salam, Senyum dan Sapa terhadap teman. mengucapkan salam selain merupakan awalan perjumpaan, juga merupakan do’a lho.. maka dengan memberikan salam kita telah mendo’akan teman dan juga diso’akan teman yang menjawab salam tersebut. Senyumpun merupakan ibadah, selain menyenangkan hati orang lain dengan tersenyum kita juga dapat memperoleh pahala dengan melakukannya. Menyapa teman dengan sebutan yang baik sesuai dengan namanya adalah hal yang baik yang dapat membahagian teman kita juga lho..
  3. Berikan penampilan yang baik dan rapi. memberikan penampilan yang rapi mulai dari rambut rapi tersisir, baju rapi dimasukkan/dikeluarkan sesuai dengan ketentuan, memakai sepatu dengan kaos kaki sesuai dengan ketentuan juga dapat memberikan kesan positif terhadap teman. Coba bandingkan teman dengan rambut tanpa disisir, acak-acakan dan baju kusut dengan teman yang rapi dari ujung rambut hingga kaki manakah yang akan lebih digemari? tentu anak dengan penampilan rapi kan..
  4. Berusaha mengenal teman dengan baik. Mengenal teman, mulai dari kesukaan dan ketidak sukaan dapat membuat kita berhati-hati dalam berucap/bertindak, apakah perbuatan kita akan menyinggung, menyakiti atau dianggap tidak sopan oleh teman kita, dengan mengetahui hal tersebut kita bisa menjaga hubungan baik dengan teman kita.
  5. Jadilah pribadi yang rendah hati atau tidak sombong. Menjadi pribadi yang rendah memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah kita dapat lebih mudah bergaul dengan teman, tidak perlu memandang kita anak siapa, kita sekaya apa, kita secerdas apa, dll. Dengan menjadi rendah hati, teman akan dengan sendirinya menghormati kita dengan perbuatan dan perilaku baik yang kita lakukan, tidak perlu menunjukkan kehebatan kita, biarkan teman yang menilai.
  6. Jadilah dirimu sendiri. Menjadi diri sendiri membuat kita menjadi lebih nyaman dalam bergaul, tidak perlu memaksakan diri menjadi A, B atau C yang tidak sesuai dengan diri kita, hal itu malah akan menjadikan pertemanan kita PALSU. Biarkan teman menilai apakah kita pantas untuk mereka, begitu juga sebaliknya, apakah mereka “teman-teman” memang layak untuk dijadikan teman. Jika kamu harus merubah diri kamu untuk bisa berteman, tentulah itu bukan pertemanan yang sehat.

Pilihlah Pertemanan Yang Sehat, Nyaman dan Membuatmu Lebih Berkembang dan Tumbuh Menjadi Pribadi yang Lebih Baik.

,

Leave a Reply

Your email address will not be published.